Space Jam 2 - Nerdist
gambar: Space Jam: A New Legacy – Nerdist

film Space Jam: A New Legacy menawarkan sebuah seni artistik dimana para tokoh kartun akan bersanding dengan karakter live action. Film Space Jam: A New Legacy bercerita tentang seorang pebasket ternama LeBron James dan putranya terperangkap di dunia virtual oleh sebuah AI jahat yang diperankan oleh Don Cheadle. Demi keluar dari sana LeBron James harus bekerja sama dengan tokoh kartun Looney Tunes untuk bertanding dan memenangkan pertandingan bola basket. Film ini diproduseri oleh LeBron James sendiri menawarkan konsep unik dimana pertandingan bola basket yang mengkombinasikan aksi komedi dengan para kartun.

Mendapat Ulasan yang Buruk

Sebenarnya film Space Jam: A New Legacy ini merupakan film reboot atas film Space Jam (1996) yang kala itu hampir sama menceritakan tentang bintang basket yang bertanding dengan para kartun Looney Tunes. Namun, kala itu sang tokoh utama dibintangi oleh legenda hidup NBA yaitu Michael Jordan. Film ini dijanjikan dirilis sebagai perayaan dari perilisan 25 tahun dari film Space Jam pertama.

Akan tetapi setelah film Space Jam: A New Legacy dirilis, ulasan buruk datang dari berbagai penjuru, termasuk di dalam situs – situs review film. Dalam situs IMDB film ini hanya mendapatkan review rendah 4.3/10. Selanjutnya di situs Rotten Tomatoes film ini bahkan hanya mendapatkan rating sebesar 31% dari TomatoMeter yang menandakan film ini menghasilkan skor yang sangat rendah di mata kritikus film.

Alur Cerita Kurang Jelas

Space Jam 2 - IMDB
Gambar: Space Jam 2 – IMDB

Review buruk datang dari Mary Sollosi yang merupakan reporter dari Entertainment Weekly dalam situs Rotten Tomatoes “segala hal mengenai (pertandingan) bola basket: nyaman untuk ditonton, segala hal mengenai Space Jam: A New Legacy: ini tidak”. hal ini menandakan bahwa dari segi alur cerita film Space Jam ini berlangsung dengan buruk, dimana alurnya sangat tidak masuk di akal. Namun hanya satu yang bisa dinikmati dari film ini yaitu tentang pertandingan bola basketnya saja.

Hanya Ditonjolkan Segi Marketing

Selanjutnya review buruk juga datang dari Brian Lowry yang bekerja dari situs CNN.com beliau mengatakan bahwa “Film Space Jam pertama sangatlah klasik yang dapat meredam sebuah ekspektasi penggemar, namun dengan standar sekarang film ini (Space Jam) hanya mengedepankan standar marketing saja

Hal senada juga dikatakan oleh Marianka Swain kritikus film yang bekerja di Daily Telegraph yang memberikan kritik terkait dalam hal pemasaran. Ia berpendapat bahwa penjahat sebenarnya di film ini adalah bagian pemasaran film, bukan para tim yang dilawan oleh Looney Tunes “penjahat sebenarnya di film ini? (Adalah) brand marketing”.

Nampaknya kritik ini menjadi alasan bahwa dari segi film, film Space Jam: A New Legacy memiliki alur cerita yang buruk, namun dibungkus dari segi marketing film ini bisa sukses di pasaran. Memang dari segi kesuksesan penjualan tiket film ini bisa dibilang tidak buruk pada pekan pemutaran perdananya bisa menghasilkan sebesar $ 30 Juta USD di pemutaran domestiknya dengan berhasil menggeser film Black Widow di puncak Box Office.

 28 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *